Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 12 Jan 2024

2 Oknum Dokter SA Beauty Clinic dan Academy Terancam Sanksi Etik


Photo : ilustrasi 2 oknum Dokter Kecantikan lakukan kegiatan praktik di Klinik Ilegal Perbesar

Photo : ilustrasi 2 oknum Dokter Kecantikan lakukan kegiatan praktik di Klinik Ilegal

 

SUMENEP, NETSATU.COM,- Kasus klinik kecantikan SA Beauty Clinic dan Academy terus bergulir serta mendapat sorotan serius dari berbagai pihak pasalnya, Klinik tersebut tidak mengantongi ijin operasiol.

Dua oknum dokter berinisial NV dan CD yang diketahui berpraktik di klinik kecantikan SA Beauty Clinic dan Academy yang berlokasi di Jln Adirasa, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, beberapa hari ini menjadi bahan perbincangan berbagai kalangan masyarakat.

Hal itu lantaran tempat praktik ke dua oknum dokter tersebut sampai saat ini tidak dilengkapi dengan ijin pendirian bangunan klinik dan ijin operasional dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Meski demikan, dokter NV dan CD disinyalir melakukan praktik di klinik kecantikan ilegal itu. Akibatnya, perbuatan dokter NV dan CD mendapat kritikan yang keras dari salah satu aktivis hukum di Kota Keris ini.

Herman Wahyudi, SH., saat dimintai tanggapan oleh sejumlah wartawan menyampaikan dengan keras, bahwa perbuatan yang dilakukan oleh dokter NV dan CD yang telah berpraktik di SA Beauty Clinic & Academy potensial sekali bertentangan dengan etika profesi kedokteran.

” Meskipun dua dokter tersebut mengantongi surat izin praktik (SIP), dua dokter tersebut tetap tidak boleh menjalankan praktik di klinik yang ilegal,” tegas Herman, Senin (08/01/2024).

Hal senada juga disampaikan oleh Dokter Aziz, selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumenep. Ia mengatakan, tenaga kesehatan dalam hal ini dokter tidak boleh bekerja atau berpraktik di tempat yang ilegal.

” Idealnya memang tidak boleh berpraktik di tempat yang ilegal,” ujar, Dokter Aziz, Senin (08/01/2024) melalui via telepon selulernya.

Bahkan dokter Aziz menyebut, apabila dokter tersebut telah mengetahui bahwa klinik kecantikan itu ilegal, maka yang bersangkutan sudah jelas melanggar etika profesi.” Jika mereka tahu kalau klinik tersebut ilegal jelas melanggar etik,” jelasnya.

Terpisah, PLT Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep, Agustiono Sulasno menegaskan jika pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap dua oknum dokter yang melakukan kegiatan praktik di SA Beauty Clinic dan Academy.

Bahkan PLT Kadis yang akrab disapa Agus ini telah memerintahkan bawahannya untuk melayangkan surat panggilan terhadap kedua oknum dokter tersebut.

“Oh iya mas pasti itu. Saya sudah menyuruh Sekdis untuk dipanggil kedua dokter itu, bukan hanya dokternya saja akan tetapi ketua organisasinya pun akan kami panggil,” jelasnya.

Sementara sampai berita ini diterbitkan belum ada keterangan secara resmi dari Dokter NV dan CD. Sebab, sampai saat ini pewarta belum mendapatkan akses untuk melakukan upaya konfirmasi kepada yang bersangkutan.

Sekedar informasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep telah memastikan jika SA Beauty Clinik dan Academy hingga sampai saat ini belum mengantongi ijin pendirian bangunan klinik dan ijin operasional.

Hal itu terungkap saat tim dari Dinkes Sumenep melakukan visitasi ke SA Beauty Clinic dan Academy, pada hari Rabu, 10 Januari 2024 kemarin.

Hasil wawancara tim Dinkes Sumenep dengan pemiliknya, ternyata SA Beauty Clinic dan Academy ini pernah melakukan tindakan medis meski belum mengantongi ijin operasional.

Sehingga Dinkes Sumenep mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

1. Setelah selesai proses perijinan bangunan klinik, agar segera mengurus ijin operasional kliniknya.

2. Melarang melakukan tindakan medis di salon tersebut sebelum ijin operasional klinik keluar. Dan akan ditindaklanjuti dengan Surat Pernyataan bahwa tidak akan melakukan tindakan medis sebelum ijin operasional klinik keluar.

( Redaksi )

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Dinkes Dan TP3 Sumenep Tak Bertaji, Bupati Fauzi Didesak Turun Tangan Soal Penutupan Klinik Kecantikan Ilegal 

7 Februari 2024 - 12:05

Sebut Moh.Ramli Ngalor-Ngidul, Koordinator Sumenep Forum Saat Minta Tanggapan

6 Februari 2024 - 23:34

Sebut Moh.Ramli Ngalor-Ngidul, Koordinator Sumenep Forum Saat Minta Tanggapan

6 Februari 2024 - 17:22

Sumenep Forum Kembali Gelar Aksi Demo Jilid-2, Berujung Segel Pintu Kantor Dinkes Sumenep

6 Februari 2024 - 14:13

Diduga Melanggar Etika Kedokteran, 2 Oknum Dokter SA Beauty Clinic dan Academy Terancam Dilaporkan Ke IDI

5 Februari 2024 - 08:14

Sikap Arogan Plt.Kadinkes Sumenep, Bakar Amarah Para Demonstran 

2 Februari 2024 - 10:39

Trending di Kesehatan

Sorry. No data so far.