Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 3 Jan 2024

Sosok Ust Dhofir, Guru Ngaji Kampung yang Lepas Dari Perhatian Pemerintah 


					Foto : Ust. Dofir saat kegiatan Ngaji bersama beberapa santrinya Perbesar

Foto : Ust. Dofir saat kegiatan Ngaji bersama beberapa santrinya

 

SUMENEP, NETSATU.COM,- Pekerjaan mulia para guru mengaji terkadang luput dari perhatian. Padahal, mereka rela menyita waktu demi mendidik ilmu dasar agama, kepada murid-muridnya. Salah satunya yang dilakoni Ust. Muhammad Dhofir putra asal Dusun Bujaan RT 003 RW 001, Desa Lapa laok, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (03/01/24 ).

Ust. Dhofir panggilan akrabnya, Selain melakukan tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga yang baik, dengan kesehariannya membantu istri menjual pentol sosis, ia juga mendedikasikan dirinya menjadi pengajar ngaji bagi anak-anak di kampung halamannya.

“Alhamdulillah saya mengajar ngaji sejak tahun 2017 sejak lepas mondok di PP Ainul Yaqin Lambi Cabbi Gapura dan Sidogiri Pasuruan,”ungkap ust Dhofir pada Media ini.

Di TPA Ainul Ulum yang dibangun bersama istrinya ini, Ust. Dhofir setiap ba’da Maghrib mengajar sekitar 18 anak. Mereka adalah anak-anak dari Desa Lapa Laok, anak yatim piatu dan masyarakat umum. Ust. Dhofir bekerja tanpa pamrih, tanpa gaji maupun honor. Padahal, di balik semua itu, sebenarnya apa yang dibaktikan oleh guru-guru ngaji turut membantu pula pekerjaan pemerintah. Di mana terbangun suatu upaya, bahwa segenap masyarakat harus pula mendapatkan pendidikan dasar agama, mendampingi pendidikan umum.

“Saya ingin mengabdikan diri di masyarakat, agar sedikit ilmu yang saya miliki dapat menjadi pondasi bagi anak-anak dan sebisa mungkin dapat menuntun mereka agar bermanfaat bagi keluarga, agama dan bangsa,” pungkasnya.

Ust Dhofir, yang dikenal ramah dan sederhana ini mengaku akan tetap konsisten mengajar anak-anak agar tak hanya bisa membaca, namun juga berakhlak sebagaimana diajarkan dalam Alquran. Ia bekerja keras mendidik anak-anak, walau bayarannya sebagai guru mengaji hanya ucapan terima kasih.

( Amin/Red )

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Akibat Turuti Nafsu Setan, Oknum Kepala Sekolah Dan Guru P3K Terancam Sangsi PTDH

20 Mei 2024 - 12:54

Seorang Guru PPK di SDN Sumenep Hamil, Diduga Ulah Bejat Oknum Kepala Sekolah 

16 Mei 2024 - 16:10

Alumni SMAN 1 Bluto Jadi Wisudawan Terbaik di Institut Agama Islam Negeri Madura 

29 Februari 2024 - 15:50

Mahbub Junaidi Sebut Polres Sumenep Lamban Tangani Kasus Korupsi Dinas Pendidikan Sumenep 

16 Februari 2024 - 14:49

16 Februari 2024 - 14:34

Yuk Ajak Putra-putri Anda ! Komunitas Kanca Pendidikan Sumenep Bakal Gelar Event Mewarnai Tingkat TK/RA Se Kabupaten Sumenep

2 Februari 2024 - 04:12

Trending di Pendidikan

Sorry. No data so far.