Menu

Mode Gelap

Hukum & Kriminal · 27 Feb 2024

Dear Jatim Geruduk Mapolres Sumenep


					Foto : Dear Jatim korda Sumenep Saat Melakukan Aksi Demo didepan Mapolres Sumenep Perbesar

Foto : Dear Jatim korda Sumenep Saat Melakukan Aksi Demo didepan Mapolres Sumenep

SUMENEP, NETSATU.COM,- Menindak lanjuti terkait banyaknya dugaan kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh oknum penerima dana hibah (kordinator), Dear Jatim melakukan aksi didepan Mapolres Sumenep untuk segera mengusut tuntas persoalan hibah tersebut.

Ali rofiq, selaku Kordinator Lapangan (Korlap) Aksi menyampaikan, dari tahun ketahun tidak pernah ada evaluasi yang jelas terkait penegakan hukum yang itu sudah banyak dugaan penyelewengan dana hibah yang dilakukan oleh Korlap Hibah.

“Buktinya dengan turunnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) ke kabupaten Sumenep pada pertengahan bulan Januari lalu kenapa masih belum ada semacam kolaborasi dengan pihak KPK, untuk kemudian melakukan investigasi dalam mengungkap mafia Hibah yang ada di kabupaten Sumenep,” kata Ali Rofiq, Senin (26/2/2024)

Perlu diketahui, informasi A1 dari ketua POKMAS nya langsung, bahwa legeslatif (DPRD kabupaten Sumenep) ada penarikan fee sebesar 40% dari total anggaran yang digelontorkan secara cuma-cuma.

“Semisal ada anggaran hibah 100 jt dengan penarikan fee per komitmennya sebesar 40%. Jadi bisa dibayangkan hanya sebesar 60% yang terealisasi, dan itu masih belum gawe-gawe POKMAS nya yang lain, yang juga mengambil keuntungan,” jelasnya.

Dari beberapa bulan yang lalu, aktivis yang kerap disapa Rofiq itu mengaku sudah spek up terkait persoalan Hibah tersebut, dan pihaknya juga tau terkait dampak dari beberapa nama yang sudah diseret oleh KPK dengan OTT nya Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur sehingga pihak KPK langsung turun ke kabupaten Sumenep.

“Apakah memang benar tentang isu-isu diluar, bahwa KPK tidak akan berani turun ke kabupaten Sumenep, kalau salah satu orang ternama di kabupaten Sumenep belum ditangkap, yang itu pastinya publik saat ini sudah banyak tau tentang orang itu,” ungkapnya.

“Mungkin selesai aksi ini, kami akan menyerahkan bukti-bukti A1 itu, lalu kemudian Polres Sumenep diharapkan juga tegas dalam memberantas para mafia POKMAS, sesuai apa yang diungkapkan Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi (Kanit Tipidkor), bahwa pihaknya akan siap,” terangnya.

Sementara itu, Kanit Pidkor Polres Sumenep, IPTU Agus Rusdianto,S.H, Pada saat menemui masa aksi memberikan beberapa tanggapan terkait aspirasi yang disampaikan oleh rekan-rekan Dear Jatim, yaitu dalam memberantas tindak pidana korupsi kami tidak setengah-setengah, melainkan akan fokus penuh, seperti yang kita ketahui bersama bahwa kami sudah berhasil mengungkap beberapa kasus terkait tindak pidana korupsi, seperti kasus korupsi Gedung Dinas Kesehatan (Dinkes), dan yang masih dalam proses yaitu terkait dugaan kasus korupsi dana BOS, dan dana Sertifikasi Guru di Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Sumenep

“Upaya-upaya penanganan tentang tindak pidana korupsi sudah kami lakukan, seperti informasi yang kami temukan seperti indikasi-indikasi terkait penyelewengan dana Hibah berbentuk POKMAS yang bisa merugikan banyak pihak, khususnya masyarakat,” terangnya.

“Intinya kami akan terus berkomitmen dan bahkan siap apabila semisal ada informasi dari rekan-rekan Dear Jatim terkait persoalan dana Hibah, dan terimakasih juga atas berbagai bentuk dukungan yang selama ini diberikan,” pungkasnya.

 

( Mahbub/Red )

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Hanis Aristya Hermawan,S.H., M.H Pimpin Penangkapan Mantan Kades Gelaman DPO Terpidana Kasus Pemalsuan 

1 Juli 2024 - 08:43

Tim Gabungan Intel-Pidum Kejari Sumenep Berhasil Tangkap DPO Terpidana Kasus Pemalsuan 

1 Juli 2024 - 07:58

Disdik Kabupaten Sumenep Dinilai Lamban Tangani Kasus Perzinahan Antara Oknum Kepala Sekolah Dan Guru P3K

3 Juni 2024 - 13:50

Dear Jatim Usai Lakukan Aksi Demonstrasi, Dinas PUTR Sumenep Resmi Dilaporkan Ke Polres Sumenep

31 Mei 2024 - 14:42

Terindikasi Korupsi, Kantor Dinas PUTR Sumenep Di Demo Dear Jatim 

31 Mei 2024 - 13:44

Terindikasi Korupsi, Dinas PUTR Kabupaten Sumenep Akan Di Demo Dear Jatim 

30 Mei 2024 - 06:40

Trending di Hukum & Kriminal

Sorry. No data so far.